Menjadi pusat unggulan Teknologi Tepat Guna bidang mekanika sebagai penunjang UMKM berbasis entrepreneur yang berkearifan lokal dan berwawasan global pada tahun 2037.

Misi Program Studi Teknik Mesin adalah sebagai berikut:
a. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang teknik mesin yang berorientasi pada pembentukan landasan jiwa kemandirian dan kewirausahaan mahasiswa yang sesuai dengan kearifan lokal dan berwawasan global Bangsa Indonesia.
b. Menyelenggarakan penelitian dasar dan teknologi tepat guna dalam bidang teknik mesin yang dapat memacu peningkatan kemampuan masyarakat enterpreneur berkearifan lokal guna menunjang pengembangan UMKM.
c. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknik mesin untuk mengembangkan masyarakat enterpreneur berkearifan lokal dan berwawasan global guna menunjang pengembangan UMKM.
d. Menjalin kerjasama untuk meningkatkan keunggulan dan daya saing program studi dalam mengembangkan masyarakat entrepreneur berkearifan lokal dan berwawasan global guna menunjang pengembangan UMKM.

Tujuan Program Studi Teknik Mesin Unperba adalah untuk:
a. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang Teknik Mesin yang memiliki landasan jiwa kemandirian dan kewirausahaan yang sesuai dengan kearifan lokal dan berwawasan global Bangsa Indonesia.
b. Menghasilkan karya penelitian dasar maupun teknologi tepat guna yang berkualitas dalam bidang Teknik Mesin yang dapat memacu peningkatan kemampuan masyarakat enterpreneur berkearifan lokal guna menunjang pengembangan UMKM.
c. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknik mesin yang dapat mengembangkan kemampuan masyarakat enterpreneur berkearifan lokal dan berwawasan global guna menunjang pengembangan UMKM.
d. Menghasilkan karya kerjasama untuk meningkatkan keunggulan dan daya saing program studi dalam mengembangkan masyarakat entrepreneur berkearifan local guna menunjang pengembangan UMKM.

1. Mampu menginternalisasikan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermoral, beretika, berkepribadian, dan berkarakter baik yang sesuai dengan kearifan lokal Bangsa Indonesia di dalam menyelesaikan tugasnya, mampu berperan sebagai Warga Negara yang bangga dan cinta tanah air dan mendukung perdamaian dunia, serta menginternalisasikan nilai dan norma akademik yang benar terkait dengan kejujuran, etika, hak cipta, kerahasiaan dan kepemilikan data.

2. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat, lingkungan, budaya, dan kearifan local.

3. Mampu melihat peluang bisnis dan melakukan analisis ekonomi maupun finasial dari usaha yang dikembangkannya.

4. Mampu memanfaatkan teknologi dan informasi guna menunjang pengembangan usahanya.

5. Mampu merancang bangun sistem mekanik, mesin-mesin manufaktur, dan konversi energy dengan menerapkan dan memanfaatkan konsep teoretis sains, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa; memilih sumber daya dan komponen-komponen yang diperlukan; dan memanfaatkan perangkat perancangan serta analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk merancang, membuat, dan memelihara sistem mekanika (mechanical system).

6. Mampu melakukan penelitian untuk pengembangan rekayasa mekanik sesuai dengan kaidah ilmiah dengan menerapkan dan memanfaatkan konsep teoretis sains, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa; memilih sumber daya dan komponen-komponen yang diperlukan; dan memanfaatkan perangkat perancangan serta analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk merancang, membuat, dan memelihara sistem mekanika (mechanical system).

Tutup Menu