Kegiatan Pembekalan Bela Negara Mahasiswa Baru Unperba

Demi makin menanamkan rasa cinta terhadap tanah air dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), semua mahasiswa baru Universitas Perwira Purbalingga (Unperba) yang merupakan angkatan pertama Tahun Akademik 2019/2020 diwajibkan untuk mengikuti kegiatan bela negara yang diadakan di kampus Unperba, Jalan S. Parman No. 53 Purbalingga pada hari Rabu tanggal 11/09/2019. Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat memperkuat rasa nasionalisme mahasiswa sehingga dapat mencegah tumbuhnya paham-paham radikalisme yang dapat memecah belah keutuhan bangsa dan negara.

Kegiatan pembekalan bela negara ini juga melibatkan unsur Ketahanan Negara yaitu Komandan Kodim 0702 Purbalingga Letkol Infantri Yudhi Novrizal, SIP, M.Han beserta para anggotanya sebagai pemberi materi dan pelatihan dalam kegiatan tersebut.  Selain Komandan Kodim 0702 Purbalingga, pada kegiatan itu hadir pula beberapa perwira Kodim 0702. Di antaranya adalah Kapten Infanteri Sarwanto, S.Psi yang membawakan materi “Perspektif bela negara dari kacamata agama dan peranan mahasiswa dalam bela Negara”. Selain itu dilaksanakan pula materi tentang baris-berbaris yang dilatih langsung oleh Kapten Arm Hasan dibantu oleh 15 personelnya.

Dalam kegiatan tersebut, Komandan Kodim Yudhi Novrizal berpesan agar para mahasiswa sebagai generasi muda penerus yang akan memimpin bangsa ini ke depan harus memiliki karakter dan integritas yang baik. “Mahasiswa Unperba dituntut berjiwa nasionalis dan kuat dalam pemahaman dan pengamalan Pancasila maupun bela negara, serta cinta NKRI. Menjaga NKRI adalah harga mati,” tegas Komandan Kodim.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari sejak hari Senin (09/09/2019) dan berakhir hari Rabu (11/09/2019) serta diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Unperba yang berjumlah 192 orang. Mahasiswa baru tersebut bukan hanya berasal dari Kabupaten Purbalingga saja tetapi ada juga yang berasal dari luar daerah seperti Banjarnegara, Cilacap, Wonosobo, Purwokerto, bahkan dari luar Jawa seperti Sumatera dan Kalimantan.

Tutup Menu